Selasa, 05 Juni 2012


EKONOMI HIJAU :
 UBAH PERILAKU, TINGKATKAN KUALITAS LINGKUNGAN!
(Aksi Long March dan Pembagian Bibit Mahasiswa UNY)

            Setiap tanggal 5 Juni kita akan memperingati hari lingkungan hidup yang telah ditetapkan oleh PBB sejak tahun 1972 melalui badannya United Nations Environment Programme (UNEP) yang bertugas dalam segala hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Pada tahun 2012 ini tema utama dari hari lingkungan hidup adalah Green Ekonomy : Does it include you, yang bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan sedikit perubahan menjadi Ekonomi Hijau : Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan.
            Pada tema hari lingkungan hidup kali ini terdapat dua hal yang menjadi sorotan utama. Pertama adalah pentingnnya ekonomi hijau. Ekonomi hijau merupakan konsep ekonomi yang mengacu pada pembangunan ekonomi berbasis lingkungan. Seperti dapat kita lihat untuk saat sekarang ini, banyak pembangunan ekonomi yang mengabaikan tentang berbagai dampak yang ditimbulkan pada lingkungan. Bila diteliti lebih lanjut maka akan terlihat seberapa banyaknya pembangunan ekonomi yang tidak menggunakan Analisi Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sebagai landasannya. Dalam Perpres No. 61 Tahun 2011 Tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca juga disebutkan lima sektor utama yang harus dioptimalkan untuk mecapai ekonomi hijau, yaitu pelestarian kehutanan dan lahan gambut, pertanian, energi dan transportasi, industri, dan pengelolaan limbah.
 Kedua, pentingnya peran setiap orang baik individu, pemerintah, swasta, maupun masyarakat sipil dalam hal  mewujudkan ekonomi hijau. Semua elemen masyarakat dan pemerintah diharapkan mamapu berkerja sama untuk menciptakan suatu pembangunan ekonomi yang berbasis ekonomi hijau. “untuk menjaga kelestarian lingkungan, haruslah dimulai dari diri kita sendiri. Kita jangan hanya protes kepada pemerintah atau lembaga-lembaga terkait lainnya, namun lihat apakah diri kita sendiri sudah mempunyai kontribusi yang cukup untuk lingkungan?” ujar Dr. Muhsinatun Siasah Masruri, M.Pd. selaku dosen mata kuliah pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup (PKLH) UNY.  Pada tema peringatan hari lingkungan hidup kali ini diperingati oleh para mahasiswa UNY jurusan Pendidikan Geografi dan Pendidikan Akuntansi yang melakukan long march dari kampus UNY karang malang hingga titik nol kilometer Yogyakarta. Arif salah satu mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNY mengungkapkan “kita sebagai mahasiswa akuntansi juga tidak boleh mengabaikan pentingnya lingkungan untuk kehidupan. Kita semua mempunyai kewajiban yang sama untuk menjaga lingkungan, karena bagaimanapun juga kita adalah bagaian dari lingkungan”. Hal senada juga diungkapkan oleh Dra. Rr. Terry Irenewaty, M.Hum. selaku wakil dekan III fakultas ilmu sosial UNY yang melakukan pelepasan aksi long march “acara ini sangat bagus. Dapat berguna untuk menyadarkan kepada masyarakat betapa pentingnya lingkungan”
           





 FOTO KEGIATAN














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2010

My Writings